Minggu, Maret 01, 2009

Tips


Panduan Promosi Online di Internet

Sebagian dari rekan2 mungkin ada yang membutuhkan panduan untuk mempromosikan produk atau situs/webblognya secara online.

Berikut ini cara-cara melakukan promosi secara online beserta alamat link/situsnya :

1. MELAKUKAN PROMOSI MELALUI SEARCH ENGINE
Daftarkan situs anda melalui situs search engine atau situs mesin pencari local atau international. Ini merupakan langkah pertama dan wajib harus anda lakukan apabila anda ingin memperkenalkan sesuatu baik situs, produk atau apapun. Cara mendaftarkan situs anda melalui search engine cukup mudah, kunjungi web/situs search engine kemudian cari layanan atau pilihan tambah situs/tambah url/add url/submit your sites/ …dsb.

2. PROMOSI LEWAT IKLAN BARIS atau IKLAN MINI GRATIS
Salah satu cara promosi yang cukup populer adalah melalui situs iklan mini/baris. Ada banyak situs iklan bagus yang menawarkan pemasangan iklan mini/baris gratis di situsnya. Iklan mini meraih posisi nomor satu dalam kemampuan fungsinya mempermudah promosi dan memperkenalkan suatu produk dan website. Ada banyak situs iklan gratis, namun sesungguhnya hanya ada beberapa situs iklan gratis saja yang benar2 bermutu (benar2 dikunjungi untuk membaca iklan tsb). Sebagian besar situs iklan gratis diabaikan pengunjung karena isinya tidak sesuai. Jadi tinggal bagaimana dan dimana kita memilih situs iklan gratis.

3. AKTIF dalam BERBAGAI FORUM/KOMUNITAS
Usahakan anda masuk/diterima di banyak forum2/komunitas2. Bila memungkinkan buatlah tulisan/artikel2 yang cukup bermutu jangan lupa untuk menuliskan identitas asli anda agar anda benar2 dikenal di forum2 tsb. Cara paling ampuh menjaring konsumen potensial bagi anda adalah bila orang tersebut "percaya" kepada anda. Jadi bangunlah kepercayaan melalui forum2 itu, sekaligus membuat NAMA ANDA semakin dikenal.

4. PROMOSI LEWAT DIRECT EMAIL MARKETING
Promosi lewat direct email pada dasarnya merupakan promosi yang langsung ditujukan kepada pemilik email. Metode ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk/situs anda kepada orang yang dituju. Langkah pertama tentu anda harus mempunyai alamat email orang yang dituju kemudian gunakan sales letter yang baik, yaitu menggunakan bahasa yang sopan dan tidak bertele-tele kemudian sampaikan permintaan maaf bahwa anda hanya sekedar berbagi informasi dengan orang yang anda tuju. Apabila mereka tidak merespon terlebih lagi mereply dengan kemarahan, ada baiknya anda tidak mengiriminya email lagi.

5. PROMOSI LEWAT MAILING LIST
Anda dapat mencari daftar mailing list di http://groups.yahoo.com (salah satu contoh) dengan memasukan pilihan kata yang relevan dengan situs/produk anda. Dengan mengirimkan promosi ke satu mailing-list saja, pesan atau iklan promosi Anda akan dibaca oleh ratusan atau bahkan mungkin ribuan members mailing-list tersebut. Namun demikian, untuk mailing-list yang berkualitas, umumnya tidak menerima pesan-pesan yang bersifat iklan. Kendalanya memang disitu.

6. PROMOSI LEWAT AUTORESPONDER/AUTO FOLLOW UP
Promosi melalui cara ini juga membantu anda dalam melakukan respon (menjawab pertanyaan) kepada calon/pembeli atau prospek anda. Anda bisa mencoba beberapa situs autoresponder ini melalui freeautoboot, getresponse, MaticMail, dsb untuk mesin autoresponder/follow up anda secara gratis. Salah satu layanan autoresponder gratis misalkan www.freeautobot.com.

7. PROMOSI LEWAT GUESTBOOK
Tinggalkan pesan di buku tamu atau guestbook atau tanggapan/komentar pada situs yang memiliki fasilitas tersebut. Tinggalkan pesan di sana lengkap dengan alamat e-mail dan URL situs anda. Namun demikian ada banyak guestbook bermutu yang tidak mengijinkan URL anda dicantumkan.

8. USAHAKAN MENAMPILKAN URL SITUS ANDA (Bila Diperkenankan)
Sertakan URL situs anda di manapun, saat anda mengikuti sebuah situs social networking atau situs pertemanan, dalam sebuah forum atau komunitas online seperti situs friendster, facebook, friendfinder, kontak jodoh dan lain lain.
Namun demikian, ada banyak situs forum/komunitas bermutu yang tidak mengijinkan anda mencantumkan URL dsb. Karena mereka kawatir URL tsb merupakan URL yang tidak bertanggung jawab (virus, dsb) dan akan merugikan pengunjung bila mencoba URL terkait.

9. PROMOSI LEWAT SIGNATURE FILE DARI EMAIL ANDA
Signature File adalah sebuah layanan/fitur "Resources Box" yang terdapat pada bagian paling bawah sebuah e-mail yang akan ikut terkirim secara otomomatis saat anda mengirim sebuah e-mail.


sumber:
keyboard.id.ptkpt.net

Tidak ada komentar: