Kamis, April 30, 2009

Pengalaman Pribadi

Kuliah atau kerja kah...???

Pada dasarnya kuliah sambil kerja banyak mengundang kontroversi dan pergolakan jiwa, apalagi pada zaman seperti sekarang ini apa saja serba sulit dan segalanya serba susah, pada setiap orang yang menjalankan sebuah kegiatan kuliah sambil bekerja sering dihadapkan pada situasi sulit apakah harus memilih kuliah ataukah pekerjaan?

Namun bagaimanakah bagi para pelaku kuliah sambil bekerja?

Banyak di kalangan mahasiswa atau pelajar di indonesia yang menjalankan kegiatan ini ketika harus berhadapan dengan problema hidup dan harus memilih apakah kuliah ataukah bekerja? pada hal ini sering ditimbulkan oleh bermacam-macam persoalan, contohnya :

1. Tingkat kesibukan pekerjaan yang padat di kantor

2. Konsekwensi sebagai Team work, dimana sebagai salah satu karyawan yang bekerja dengan rekan2 kerja lainya di kantor pada suatu ketika harus memikul pekerjaan2 mereka dikarenakan orang yang bersangkutan cuti, liburan, ataupun mengundurkan diri sehingga mau tidak mau kita harus menjalankanya mengisi kekosongan tersebut.

3. Jadwal kuliah yang tidak kompromi, jam kuliah yang ada pengganti dihari lain sehingga jam kerjapun berantakan.

4. Daftar dosen yang menghilangkan semangat kuliah, banyak pada kalangan mahasiswa yang sambil bekerja, setelah melihat daftar dosen yang dibencinya terpampang di Mading... aduh! dia lagi dia lagi!

5. Sampainya pada suatu masa segala kebutuhan harus datang bersama-sama, ketika dompet sedang kosongnya, eh waktunya bayar kuliah…gimana ya???

6. Datangnya usia yang membuat harus menggigit jari, pada usia yang semestinya sudah berumah tangga, eh masih kuliah aja! ( padahal temen2nya main kerumah udah bawa anak sama istrinya/suaminya)

7. Hilangnya semangat untuk segala hal. malas belajar atau malas bekerja, apalagi bila sedang dihadapkan oleh suatu masalah besar yang membuat otak sulit untuk berpikir rasional, emosi berkecamuk tak tentu arah.

Disini dituntut kestabilan emosi kita, ketenangan pikiran kita untuk menentukan langkah kiranya apakah jalan yang terbaik yang harus kita tempuh, jangan sampai gegabah dalam mengambil keputusan. salah-salah menyesal di kemudian hari.

Kuliah sambil bekerja banyak manfaatnya bagi perkembangan pribadi. Dunia kerja menuntut tanggung jawab lebih besar, terhadap diri sendiri, rekan kerja, tempat kerja. maka rasa tanggung jawab akan terasah. dan akan tumbuh kesadaran bahwa uang sangat berharga dan perlu perjuangan untuk mendapatkannya. Pekerjaan akan melatih mental, kemampuan interaksi sosial, dan kedewasaan berpikir. seperti pepatah sambil menyelam sambil minum air, tidak perlu tunggu lulus kuliah untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi saat ini lapangan kerja minim dan tingkat pengangguran yang tinggi. kalo memang bisa di coba kenapa tidak?

Bekerja sambil kuliah dalam hal hubungan kerja dengan rekan kerja, mitra dan konsumen harus ditingkatkan. latihlah diri menghadapi setiap orang dengan berbagai sifat, karakter, interaksi sosialnya Selain itu pekalah menghadapi masalah..semua itu akan bermanfaat kelak dikemudian hari nanti.

Kalo menurut saya sih mana yang lebih penting kuliah ataukah bekerja? jelas kuliah. akan tetapi bagaimanakah bagi yang bekerja untuk membiayai kuliahnya? ya jelas Bekerja! karena tanpa bekerja mustahil saya akan bisa kuliah.

Manakala pada suatu ketika dihadapkan pada sebuah masalah kuliah ataukah bekerjakah yang lebih penting?? that's your personal answer..:-)








Tidak ada komentar: