Minggu, Desember 23, 2007

Artikel


Perbedaan “Freeware” dengan *Shareware*


Freeware dan Shareware…. Keduanya adalah sama-sama perangkat lunak (Software). Keduanya sama-sama bisa didownload dengan gratis dan dinstall Ke PC. Terus apa bedanya….????

~YUK…..Kita simak….!!!!~

Freeware adalah perangkat lunak yang boleh dipakai secara gratis tanpa batasan tertentu. Hak cipta suatu freeware dipegang oleh si pembuatnya sendiri.

Free berarti gratis, berbeda dengan free di free software yang berarti bebas. Artinya, perangkat lunak itu bisa diubah, disalin, didistribusikan lagi, serta bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Karena free software bisa diubah, makanya free software itu biasanya disebut dengan Open-Source.

Shareware memang gratis juga. Tetapi, downloadnya gratis, setelah itu bisa dipakai dengan batasan tertentu. Kebanyakan batasan yang digunakan adalah waktu. Contohnya: Shareware yang dipakai hanya selama 30 hari, lebih dari itu ya…Bayar dulu donk!!!

Dan biasanya pemakaian shareware dibatasi dengan larangan penggunaan beberapa fitur yang ada. Dan ada lagi yang membatasi jumlah penggunaan kalau sudah digunakan 10x atau 20x, maka perangkat lunak shareware tersebut tak bisa digunakan lagi.

Terus kalo dipikir-pikir, apa gunanya shareware donk…???

Boleh dikatakan, kalau shareware adalah test product sebelum membeli sesuatu, seperti mobil. Kalau kiranya cocok, baru deh dibeli. Seperti itulah kira-kira pandangan tentang shareware.

Oh iya…berikut ini adalah contoh dari freeware untuk PC…

v Antivirus

ü AVG Antivirus Free

ü Avast 4 Home Edition

v Audio dan Video

ü Winamp

ü Windows Media Player

v Kompresi

ü AlZip

v Pengolah Kata

ü Open Office

ü Gnumeric

ü Abiword

v Browser

ü Firefox

ü Opera

Tidak ada komentar: