Rabu, Januari 09, 2008

beRiTa....


*Motherboard Seukuran Kartu Kredit*


Kontron telah mengumumkan motherboard pertama untuk standar baru "nanoETXexpress" untuk modul CPU. Motherboard nanoETXexpress-VX8 ini dibasiskan pada sebuah chipset x86-kompatibel baru misterius yang berukuran 2,16 x 3,3 inci (55 x 84 mm) yang menargetkan pasar alat portabel.
Kontron mengajukan standar nanoETXexpress di bulan Juli 2007 dengan ukuran 39% dari standar COM Express PICMG (PCI Industrial Computer Manufacturers Group) yang juga pada awalnya dibuat oleh Kontron. Standar nanoETXexpress ini juga lebih kecil dibandingkan standar microETXexpress yang diluncurkan di musim panas tahun 2007.

Motherboard nanoETXexpress-VX8 yang baru diumumkan Kontron bertujuan untuk menawarkan kemampuan grafis tinggi di sebuah format konsumsi energi rendah yang cocok untuk alat - alat portabel. Standar ini berbasis "highly integrated chipset" yang dibuat oleh seorang vendor yang tidak diberi tahu namanya. Dari gambar di bawah, kelihatannya chipset ini hanya terdiri dari satu chip saja.

VIA telah lama ingin menciptakan sebuah produk dengan single chip di lini produk CoreFusion. Diberi nama "John", prosesor ini akan mengintegrasikan CPU, northbridge, southbridge di sebuah SoC (system-on-chip) yang kompatibel dengan prosesor x86. Intel tengah mengembangkan sebuah SoC yang mirip, berbasis Pentium M yang diberi kode Topalai.

Menurut Kontron, prosesor nanoETXexpress-VX8 yang belum diberi nama akan beroperasi di frekuensi 1,5GHz, dengan front side bus 400MHz dan mendukng hingga 1GB DDR2 RAM. Prosesor grafis yang terintegrasi ini juga dikatakan menawarkan
kemampuan MPEG2 decoding dan dual channel 18/24 Bit LVDS.

Sumber: Udaramaya.com




Tidak ada komentar: