Rabu, Agustus 19, 2009

Tips

Menghadapi Sidang Skripsi / Tugas Akhir


Hai guys, kalo mendengar kata sidang skripsi rasanya hati kita bercampur aduk deh..!! Soalnya hari penentuan kita meraih apa yang kita meski capai gelar sarjana dan kalo ga lulus, sia-sia rasanya kuliah bertahun-tahun dan meski ngulang lagi, soalnya kalo ngulang sidang lagi, pasti revisi lagi dan bayar lagi....

Nah, bagi Anda yang mau melaksanakan sidang skripsi atau tugas akhir nih, saya punya tipsnya.. karena saya baru kemaren menyelesaikan sidang skripsi saya. Makanya saya mau berbagi tips nich...

1. Materi yang mau Anda presentasikan harus sudah siap semua dan Anda yakin itu emang menguasai materinya dengan baik.


2. Pakaian jangan lupa di cuci n seterika, karena Anda calon sarjana jadi harus rapi. Untuk yang Laki-laki rambut jangan gondrong. Yang normal-normal saja. Sepatu mengkilat lengkap ma kaus kakinya. Penampilan itu menambah kepercayaan diri dan kepercayaan dosen sama Anda.


3. Kalo presentasi siapkan pointer, atau alat penunjuk jangan pake jari itu ga etis. Trus tangan jangan di masukkan dalam saku atau melipat tangan di dada. Jangan garuk2 kepala kalo bingung jawab. Kalo tidak tau ya bilang terus terang aja Anda tidak tau.


4. Kalo membaca materi jangan terburu-buru seakan Anda mau cepat selesai dan suara jangan gemetar. Bila Anda menjawab pertanyaan harus PD dengan jawaban Anda tapi kalo udah salah jangan ngotot. Kadang dosen suka nguji kemantapan jawaban kita loh. ini namanya jebakan.


5. Ga usah nervous, karena setelah di depan 3 menit Anda bakal enjoy kok nikmati semua pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari dosen.


6. Kamu bisa latihan presentasi di depan temen-temen Anda untuk menguji penguasaan materi dengan tanya jawab.


7. Percaya lah kalo Anda pantas untuk lulus dan memperoleh gelar sarjana yang sudah ditunggu-tunggu selama kuliah, jadi jangan tunjukin sikap Anda belum pantas menjadi sarjana kepada dosen mu.


8. Berdoalah sebelum mulai sidang dan tetap tersenyum selama sidang tapi jangan cengengesan. Dosen Anda ga suka liat Anda bodoh dan cengengesan dan ga suka juga liat kamu sok pintar. Jadi di bantai atau ga itu tergantung kamu sendiri.


9. Hindari belajar dan beraktivitas berlebihan 1 hari sebelum hari sidang Karena sidang itu butuh ketenangan hati yang mutlak. Jadi jalan-jalan sama pacar, sahabat dan melupakan skripsi untuk satu hari itu solusinya.


3 komentar:

Unknown mengatakan...

de, gmn kmaren sidangny? sukses ga? btW..lgsung aj deh lo bikin tips, mentang2 abis ngejalanin...

Ade_Cimut mengatakan...

Sukses Bro..kalo ga sukses, sy tidak akan buat tips kaya gini..hehehe...:p

Sol Invictus mengatakan...

Kalo untuk diterapin di S2 masih relevan ngga ya De?